Rumus dasar Matematika

Rumus Bangun Datar – Matematika

  • Rumus Bujur Sangkar

Bujur sangkar adalah bangun datar yang memiliki empat buah sisi sama panjang

- Keliling : Panjang salah satu sisi dikali 4 (4S) (AB + BC + CD + DA)

- Luas : Sisi dikali sisi (S x S)

  • Rumus Persegi Panjang

Persegi panjang adalah bangun datar mirip bujur sangkar namun dua sisi yang berhadapan lebih pendek atau lebih panjang dari dua sisi yang lain. Dua sisi yang panjang disebut panjang, sedangkan yang pendek disebut lebar.

- Keliling : Panjang tambah lebar kali 2 ((p+l)x2) (AB + BC + CD + DA)

- Luas : Panjang dikali lebar (pl)

  • Rumus Segitiga

- Keliling : Sisi pertama + sisi kedua + sisi ketiga (AB + BC + CA)

- Luas : Panjang alas dikali pangjang tinggi dibagi dua (a x t / 2)

  • Rumus Lingkaran

- Keliling : diameter dikali phi (d x phi) atau phi dikali 2 jari-jari (phi x (r + r)

- Luas : phi dikali jari-jari dikali jari-jari (phi x r x r)

- phi = 22/7 = 3,14

  • Rumus Jajar Genjang atau Jajaran Genjang

- Keliling : Penjumlahan dari keempat sisi yang ada (AB + BC + CD + DA)

- Luas : alas dikali tinggi (a x t)

  • Rumus Belah Ketupat

- Keliling : Penjumlahan dari keempat sisi yang ada (AB + BC + CD + DA)

- Luas : alas dikali panjang diagonal dibagi 2 (a x diagonal / 2)

- Diagonal : Garis tengah dua sisi berlawanan

  • Rumus Trapesium

- Keliling : Penjumlahan dari keempat sisi yang ada (AB + BC + CD + DA)

- Luas : Jumlah sisi sejajar dikali tinggi dibagi 2 ((AB + CD) / 2)

Rumus Bangun Ruang – Matematika

Rumus Kubus

- Volume : Sisi pertama dikali sisi kedua dikali sisi ketiga (S pangkat 3)

Rumus Balok

- Volume : Panjang dikali lebar dikali tinggi (p x l x t)

Rumus Bola

- Volume : phi dikali jari-jari dikali tinggi pangkat tiga kali 4/3 (4/3 x phi x r x t x t x t)

- Luas : phi dikali jari-jari kuadrat dikali empat (4 x phi x r x r)

Rumus Limas Segi Empat

- Volume : Panjang dikali lebar dikali tinggi dibagi tiga (p x l x t x 1/3)

- Luas : ((p + l) t) + (p x l)

Rumus Tabung

- Volume : phi dikali jari-jari dikali jari-jari dikali tinggi (phi x r2 x t)

- Luas : (phi x r x 2) x (t x r)

Rumus Kerucut

- Volume : phi dikali jari-jari dikali jari-jari dikali tinggi dibagi tiga (phi x r2 x t x 1/3)

- Luas : (phi x r) x (S x r)

- S : Sisi miring kerucut dari alas ke puncak (bukan tingi)

Rumus Prisma Segitiga Siku-siku

- Volume : alas segitiga kali tinggi segitiga kali tinggi prisma bagi dua (as x ts x tp x ½)

- Luas : setengah alas segitiga kali tinggi segitiga kali dua ((1/2 as x ts) x 2)

Keterangan :
Phi adalah konstanta yang sifatnya tetap sebesar 22/7 atau sama dengan 3,14

Simetri Lipat dan Simetri Putar – Matematika

A. Simetri Lipat

Simetri Lipat adalah jumlah lipatan yang dapat dibentuk oleh suatu bidang datar menjadi 2 bagian yang sama besar. Untuk mencari simetri lipat dari suatu bangun datar maka dapat dilakukan dengan membuat percobaan dengan membuat potongan kertar yang ukurannya mirip dengan yang akan diuji coba. Lipat-lipat kertas tersebut untuk menjadi dua bagian sama besar.

Berikut ini adalah banyak simetri lipat dari bangun datar umum :

o   Persegi Panjang memiliki 2 simetri lipat

o   Bujur Sangkar memiliki 4 simetri lipat

o   Segitiga Sama Sisi memiliki 3 simetri lipat

o   Belah Ketupat memiliki 2 simetri lipat

o   Lingkaran memiliki simetri lipat yang jumlahnya tidak terbatas

B. Simetri Putar

Simetri Putar adalah jumlah putaran yang dapat dilakukan terhadap suatu bangun datar di mana hasil putarannya akan membentuk pola yang sama sebelum diputar, namun bukan kembali ke posisi awal. Percobaan dapat dilakukan mirip dengan percobaan pada simetri lipat namun caranya adalah dengan memutar kertas yang telah dibentuk.

Berikut ini adalah banyak simeti putar pada bangun datar umum :

§  Persegi Panjang memiliki 2 simetri putar

§  Bujur Sangkar memiliki 4 simetri putar

§  Segitiga Sama Kaki tidak memiliki simetri putar

§  Segitiga Sama Sisi memiliki 3 simetri putar

§  Belah Ketupat memiliki 2 simetri putar

§  Lingkaran memiliki simetri putar yang jumlahnya tidak terbatas

Konversi Satuan Ukuran Berat, Panjang, Luas dan Isi

Berikut ini adalah satuan ukuran secara umum yang dapat dikonversi untuk berbagai keperluan sehari-hari yang disusun berdasarkan urutan dari yang terbesar hingga yang terkecil :

a.       km = Kilo Meter

b.       hm = Hekto Meter

c.       dam = Deka Meter

d.       m = Meter

e.       dm = Desi Meter

f.       cm = Centi Meter

g.       mm = Mili Meter

A. Konversi Satuan Ukuran Panjang

Untuk satuan ukuran panjang konversi dari suatu tingkat menjadi satu tingkat di bawahnya adalah dikalikan dengan 10 sedangkan untuk konversi satu tingkat di atasnya dibagi dengan angka 10. Contoh :

Ø  1 km    sama dengan  1.000 m
1 km    sama dengan  100.000 cm
1 km    sama dengan  1.000.000 mm
1 m      sama dengan  0,1 dam
1 m      sama dengan  0,001 km
1 km    sama dengan  10 hm
1 m      sama dengan  10 dm
1 m      sama dengan  1.000 mm

B. Konversi Satuan Ukuran Berat atau Massa

Untuk satuan ukuran berat konversinya mirip dengan ukuran panjang namun satuan meter diganti menjadi gram. Untuk satuan berat tidak memiliki turunan gram persegi maupun gram kubik. Contohnya :

Ø  1 kg     sama dengan  10 hg
1 kg     sama dengan  1.000 g
1 kg     sama dengan  100.000 cg
1 kg     sama dengan  1.000.000 mg
1 g       sama dengan  0,1 dag
1 g       sama dengan  0,001 kg
1 g       sama dengan  10 dg
1 g       sama dengan  1.000 mg

C. Konversi Satuan Ukuran Luas

Satuan ukuran luas sama dengan ukuran panjang namun untuk mejadi satu tingkat di bawah dikalikan dengan 100. Begitu pula dengan kenaikan satu tingkat di atasnya dibagi dengan angka 100. Satuan ukuran luas tidak lagi meter, akan tetapi meter persegi (m2 = m pangkat 2).

Ø  1 km2 sama dengan 100 hm2
1 km2 sama dengan 1.000.000 m2
1 km2 sama dengan 10.000.000.000 cm2
1 km2 sama dengan 1.000.000.000.000 mm2
1 m2 sama dengan 0,01 dam2
1 m2 sama dengan 0,000001 km2
1 m2 sama dengan 100 dm2
1 m2 sama dengan 1.000.000 mm2

D. Konversi Satuan Ukuran Isi atau Volume

Satuan ukuran luas sama dengan ukuran panjang namun untuk mejadi satu tingkat di bawah dikalikan dengan 1000. Begitu pula dengan kenaikan satu tingkat di atasnya dibagi dengan angka 1000. Satuan ukuran luas tidak lagi meter, akan tetapi meter kubik (m3 = m pangkat 3).

Ø  1 km3 sama dengan  1.000 hm3
1 km3 sama dengan  1.000.000.000 m3
1 km3 sama dengan  1.000.000.000.000.000 cm3
1 km3 sama dengan  1.000.000.000.000.000.000 mm3
1 m3    sama dengan  0,001 dam3
1 m3    sama dengan  0,000000001 km3
1 m3    sama dengan  1.000 dm3
1 m3    sama dengan  1.000.000.000 mm3

Cara  Menghitung :

Misalkan kita akan mengkonversi satuan panjang 12 km menjadi ukuran cm. Maka untuk merubah km ke cm turun 5 tingkat atau dikalikan dengan 100.000. Jadi hasilnya adalah 12 km sama dengan 1.200.000 cm. Begitu pula dengan satuan ukuran lainnya. Intinya adalah kita harus melihat tingkatan ukuran serta nilai pengali atau pembaginya yang berubah setiap naik atau turun tingkat/level.

Satuan Ukuran Lain

A. Satuan Ukuran Panjang

a)   1 inch / inchi / inc / inci = sama dengan = 25,4 mm
b)  1 feet / ft / kaki = sama dengan = 12 inch = 0,3048 m
c)   1 mile / mil = sama dengan = 5.280 feet = 1,6093 m
d)  1 mil laut = sama dengan = 6.080 feet = 1,852 km

e)         1 mikron = 0,000001 m
f)         1 elo lama = 0,687 m
g)         1 pal jawa = 1.506,943 m
h)        1 pal sumatera = 1.851,85 m
i)          1 acre = 4.840 yards2
j)         1 cicero = 12 punt
k)         1 cicero = 4,8108 mm
m)        1 hektar = 2,471 acres
n)         1 inchi = 2,45 cm

B. Satuan Ukuran Luas

a)   1 hektar / ha / hekto are = sama dengan = 10.000 m2
b)  1 are = sama dengan = 1 dm2
c)   1 km2 = sama dengan = 100 hektar

C. Satuan Ukuran Volume / Isi

1 liter / litre = 1 dm3 = 0,001 m3

D. Satuan Ukuran Berat / Massa

a)   1 kuintal / kwintal = sama dengan = 100 kg
b)  1 ton = sama dengan = 1.000 kg
c)   1 kg = sama dengan = 10 ons
d)  1 kg = sama dengan = 2 pounds

km = kilo meter # hm = hekto meter # dam = deka meter # m = meter # dm = desi meter # cm = centi meter # mm = mili meter.

Þ       1 km = 10 hm ; 1 hm = 10 dam ; 1 dam = 10 m ; 1 m = 10 dm ; 1 dm = 10 cm ; 1 cm = 10 mm

Þ       1 km = 10 hm   = 100 dam   = 1.000 m   = 10.000 dm   = 100.000 cm   = 1.00.000 mm

Þ       1 hm = 10 dam   = 100 m   = 1.000 dm   = 10.000 cm   = 1.0.000 mm

Þ       1 dam = 10 m   = 100 dm   = 1.000 cm   = 10.000 mm

Þ       m = 10 dm   = 100 cm   = 1.000 mm

Þ       1 dm = 10 cm   = 100 mm

Þ       1 inci = 2,54 cm

Þ       1 foot = 12 inci = 0,3048 m

Þ       1 yard = 3 feet = 0,9144 m

Þ       1 mile = 1.760 yards

Þ       1 mile = 1,6093 km

kg = kilo gram # hg = hekto gram # dag = deka gram # g = gram # dg = desi gram #cg = centi gram # mg = mili gram.

1 kg = 10 hg 1 hg = 10 dag 1 dag = 10 g 1 g = 10 dg 1 dg = 10 cg 1 cg = 10 mg

1 kg = 10 hg   = 100 dag   = 1.000 g   = 10.000 dg   = 100.000 cg   = 1.00.000 mg

1 hg = 10 dag   = 100 g   = 1.000 dg   = 10.000 cg   = 1.0.000 mg

1 dag = 10 g   = 100 dg   = 1.000 cg   = 10.000 mg

1 dg = 10 cg   = 100 mg

1 ton = 1000 kg
1 ton = 10 kwintal
1 kwintal = 100 kg
1 kg = 2 pon
1 pon = 5 ons
1 hg = 1 ons
1 kg = 10 ons
1 ons = 100 gram

ka = kilo are # ha = hekto are # daa = deka are # a = are # da = desi are # ca = centi are # ma = mili are

1 ka = 10 ha 1 ha = 10 daa 1 daa = 10 a 1 a = 10 da 1 da = 10 ca 1 ca = 10 ma

1 ka = 10 ha   = 100 daa   = 1.000 a   = 10.000 da   = 100.000 ca   = 1.00.000 ma

1 ha = 10 daa   = 100 a   = 1.000 da   = 10.000 ca   = 1.0.000 ma

1 daa = 10 a   = 100 da   = 1.000 ca   = 10.000 ma

1 a = 10 da   = 100 ca   = 1.000 ma

1 da = 10 ca   = 100 ma

1 hektar = 10.000 m²
1 are = 1 dam² = 100 m²
1 ca = 1 m²

kl = kilo liter # hl = hekto liter # dal = deka liter # l = liter # dl = desi liter # cl = centi liter # ml = mili lite

1 kl = 10 hl 1 hl = 10 dal 1 dal = 10 l 1 l = 10 dl 1 dl = 10 cl 1 cl = 10 ml

1 kl = 10 hl   = 100 dal   = 1.000 l   = 10.000 dl   = 100.000 cl   = 1.00.000 ml

1 hl = 10 dal   = 100 l   = 1.000 dl   = 10.000 cl   = 1.0.000 ml

1 dal = 10 l   = 100 dl   = 1.000 cl   = 10.000 ml

1 l = 10 dl   = 100 cl   = 1.000 ml

1 dl = 10 cl   = 100 ml

1 m³ = 1000 liter
1 dm³ = 1 liter
1 liter = 1000 cm³
1 cm³ = 1 cc
1 barrel = 158,99 liter
1 gallon = 4,5461 liter

1 gross = 144 buah
1 gross = 12 lusin
1 lusin = 12 buah
1 kodi = 20 helai
1 rim = 500 lembar

About these ads

About Sharing Data
Kami hanya ingin berbagi ilmu dan informasi

40 Responses to Rumus dasar Matematika

  1. ester mona monica says:

    Matematika adalah pelajaran yang sangat saya cintai.
    karna matematika lebih berarti dari semua pelajaran bagi saya dan menurut saya.
    t’rima kasih.

  2. ester mona monica says:

    Matematika adalah pelajaran yang sangat saya cintai.
    karna matematika lebih berarti dari semua pelajaran bagi saya dan menurut saya.
    t’rima kasih. GODBless All.

  3. bautinja says:

    makasih udh menambah wawasan

  4. Unhye_Wahyuni says:

    gmna cranya ngtung luas daerah yang di arsir, yang persegi panjng yang tlah di ketahui p= 20 L = 10 dan di dlmnya terdapat lingkaran r = 4

  5. shafa afiieffah nueraffieffah says:

    Pelajaran’a ada yg um di ajarin^_^

  6. Tian says:

    Matematika adalah pelajaran yang saya benci dari SD, tpi saya suka sebenarnya….

  7. Yenni evita says:

    Makasih ya… atas pengetahuannya. Thank you

  8. rifqi religi says:

    lagi butuh rumus matematik kelas 9 untuk ujian besok

  9. Anjararist says:

    apakah sama rumus dasar SD, SMP, dan SMA ?

  10. lulu hutapea says:

    Mau nanya, kalau EF = 5 cm dan AB = 6 cm. ABCD bujursangkar maka volume limas ?

  11. Lagi keliling-keliling nyari ide untuk postingan website saya! Terima kasih

  12. cindy toatubun says:

    matmematika i love you….. mkasi ya……..

  13. ade says:

    Rumus ini sangat berarti bagi kami pelajar……….. Tnx…

  14. YAYYAK says:

    matematika pelajaraN YANG SANGAT SAYA TIDAK SUKA.

  15. Haris Fauzi says:

    Terima kasih atas penjelasannya… Jadi lebih tahu deh…
    Siip..!!!

  16. tuliskan bilangan prima 1 dan 20

  17. Iman Ginting says:

    Bila dalam suatu PTK terdapat 15 orang siswa yang dibelajarkan dengan model pembeljaran tertentu dengan skor hasil belajar IPA sebagai berikut:
    63, 64, 78, 82, 56, 76, 86, 70, 74, 89, 54, 65, 45, 76, 46. SK dan KD ditentukan adalah 75. Analisislah data tersebut dan apakah kesimpulan tentang skor siswa tersebut? Lalu hal-hal apa saja yang perlu dilakukan?

  18. tohiri faqoth says:

    wah..lengkappp!

  19. Pingback: RUMUS DASAR MATEMATIKA « puspitaitakharista

  20. latuwo says:

    mengapa untuk satuan berat/massa,,,
    rumus
    1 kg = sama dengan = 10 ons

    masih digunakan….???????

  21. klo rumusnya 1/2 lingkaran itu gmn?

  22. rauf says:

    mau nanya nih, bagaimana sih asal muasal phi (3,14) ? terima kasih

  23. charismata says:

    kalau volume kubus diketahui, dan ditanya panjang sisinya, maka rumusnya bgm? thx

  24. Hufi Utami says:

    kalo dari dm ke cm^2 (cm persegi) gimana cara ngitunya gimana ya?

  25. Ikok says:

    bagaimana mencari bidang atom terpadat pada satuan sel BCC (body center cubic) pada logam baja? caranya dengan teorema phytagoras dimana terdapat 2 buah atom terpadat pada bidang slipnya. itu salah satu kegunaan matematika dasar pada bidang metalurgi khusunya metalurgi fisik. Matematika sangatlah indah…

  26. Deeyuna dewi says:

    Makasihhh’….
    Sangat Membantu

  27. orang bingung says:

    nice artikel… mas/mbakBRO kalo 5 km x 20 km = 100 km persegi kah?… ato gmana?

  28. Lucky Octavia says:

    Matematika adalah Pelajaran yg paling saya sukai dan minati. Lebih banyak penasaran dan tantangannya. Math is Fun :)

  29. Pingback: Rumus Bangun Ruang | indahdwii

  30. suheilah says:

    LGI BUTUH RUMUS METER/SEGI

  31. Okta Via says:

    Wlw matematiika suliit,,tapii saiia haruz biiza..
    maju terus pantang mundurr..

  32. rifa arifah says:

    matematika emang keliatannya sulit, tapi sebenarnya mudak kok! cuman mungkin kamunya aja yang gak paham jadi keliatan sulit deh

  33. Aretha YoonAddict says:

    Matematika adalah salah satu dari 4 mata pelajaran yang saya sukai…
    Rumus ini membuat saya mengerti.
    Terima kasih

  34. Tadinya saya sedikit lupa dengan rumus2 tersebut, sekarang aku jadi ingat lagi dan tambah mengerti.
    terimakasih atas rumusnya :) ini sangat sangat berguna.

  35. vikri says:

    trima kasih..
    aku jadi tau lagi rumusnya,.. :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: