Agar Bangun Tidur Selalu Segar

Jakarta, Segar dan berenergi sangat bangun tidur di pagi hari sangat penting untuk dapat menjalankan kegiatan rutin seharian. Tapi kebanyakan orang tidak merasakan hal tersebut. Cobalah trik berikut ini yang membuat bangun tidur Anda jadi segar.

Tidak sedikit orang yang bangun di pagi hari terburu-buru, panik dan masih mengantuk. Hal ini disebabkan karena orang-orang tersebut tidak mendapatkan tidur nyenyak di malam hari.

Salah satunya adalah tidak langsung tidur usai makan malam. Langsung tidur setelah makan malam bisa jadi salah satu penyebab tidur kurang nyenyak.

Bila ingin bangun segar di pagi hari, sebaiknya jangan langsung tidur usai makan malam, seperti dilansir Lifemojo, Selasa (12/4/2011).

Sebaiknya beri jeda waktu beberapa jam setelah makan malam sebelum beranjak ke tempat tidur. Selain itu, hindari mengonsumsi kafein, gula, coklat dan alkohol terlalu banyak sebelum tidur.

Makan sebelum tidur dan mengonsumsi minuman-minuman tersebut dapat membuat sistem pencernaan bekerja ekstra di waktu tidur sehingga menyebabkan orang tidur lebih ringan atau tidak nyenyak hingga tidak memberikan kesegaran dan tenaga penuh saat bangun di pagi hari.

Selain tidak langsung tidur usai makan malam, ada beberapa faktor yang membuat Anda bangun tidur segar di pagi hari, yaitu:

1. Bangun dengan tersenyum
Tersenyumlah segera setelah bangun tidur. Hal ini akan membantu Anda merasa segar saat beranjak dari tempat tidur dan juga memberi tenaga tambahan.

2. Biarkan sinar matahari masuk kamar
Membuka tirai dan membiarkan sinar matahari masuk adalah cara yang bagus untuk membuat Anda merasa lebih terjaga. Pikiran akan merespons terhadap cahaya dan membawa Anda keluar dari tidur.

3. Minum air putih setelah bangun tidur
Tubuh kehilangan cairan semalaman yang dapat membuat Anda merasa sedikit lelah ketika bangun. Minum segelas air pada waktu perut kosong akan memulai metabolisme, dengan demikian Anda akan bangun lebih cepat dan merasa lebih waspada.

4. Peregangan dan olahraga
Peregangan saat bangun tidur dapat memberi udara segar dan membantu Anda segar di pagi hari. Juga, melakukan aktivitas fisik dapat melepaskan endorfin yang membuat Anda merasa lebih baik. Semakin banyak berolahraga makin banyak energi yang akan digunakan untuk membuat Anda menjadi bugar dan sehat.

5. Bangun di waktu yang sama setiap hari
Usahakan beranjak dari tempat tidur pada waktu yang sama setiap hari, meski pada akhir pekan. Jika Anda mengubah waktu bangun pagi sehari-hari, hal tersebut akan mengganggu jam tubuh dan membuat Anda sangat sulit untuk beranjak dari tempat tidur.

6. Makan sarapan energi tinggi
Melewatkan makan pertama di pagi hari dapat mempengaruhi tingkat energi. Anda perlu makan sarapan untuk mendapatkan metabolisme dan membuat energi untuk tubuh. Makanlah sarapan sehat dengan karbohidrat kompleks untuk mendapatkan energi sepanjang hari.

 

Merry Wahyuningsih – detikHealth

About Sharing Data
Kami hanya ingin berbagi ilmu dan informasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: